Style

Apa itu OOTD? Panduan Lengkap untuk Pemula di Dunia Fashion

14 May 2024

Setiap hari adalah panggung dan apa yang kamu pakai merupakan statement di panggung tersebut. OOTD adalah singkatan dari Outfit of the Day—konsep yang merevolusi cara manusia berpakaian dan berbagai personal style. 

OOTD adalah OOTD monokrom untuk Laki-laki

Selain merujuk pada pilihan pakaian yang kamu kenakan setiap hari, istilah OOTD juga menunjukkan bagaimana kamu memilih untuk mempresentasikan diri di dunia. Outfit of the Day, lebih dari apapun, telah melebihi tren mode—ia sudah berubah jadi bentuk seni yang patut kita selami.

Gayamu, Cerminan Diri

Pernahkan kamu merasa lebih percaya diri karena outfit yang sedang kamu pakai? Itu adalah salah satu kekuatan OOTD. Selain menunjukkan gaya busana, statement ini juga mengindikasikan bagaimana orang melihatmu sekaligus kamu melihat diri sendiri.

Trend mode OOTD matching dengan warna serasi

Bukan sekadar pilihan pakaian, OOTD berpotensi menceritakan siapa kamu kepada orang lain lewat pilihan padu-padan hari ini. Misal, setelan rapi ke kantor memberikan kesan serius dan profesional. Bahkan, hal ini juga menjadi dasar kesan pertama bagi orang lain dalam membentuk opini tentang kita—terlepas dari benar atau tidaknya. Maka dari itu, OOTD bisa dikatakan sebagai ekspresi identitas dan personal value kamu.  Tidak hanya itu, kamu bisa membagikannya di berbagai platform media sosial untuk menunjukkan selera fashion sekaligus berbagi cerita dengan dunia.

Ragam Gaya OOTD untuk Setiap Occasion

Ingin tampil unik dan merepresentasikan identitasmu? Berikut adalah beberapa gaya OOTD yang bisa jadi inspirasi buatmu.

1. Gaya Sporty

Seperti namanya, gaya ini menggunakan pakaian olahraga sebagai elemen utama dalam penampilan. Ini cocok untuk kamu yang menyukai comfort tanpa mengorbankan gaya. Kamu bisa mengenakannya untuk melakukan aktivitas fisik ringan atau hangout santai namun terlihat sporty. Memadukan oversized hoodie dan sneakers dengan celana pendek bisa kamu coba. Atau, sandal sport yang kamu padankan dengan tank top dan jogger pants.

Pakaian sehari-hari

2. Casual Style

Mix and match gaya santai memang yang paling mudah, sehingga kamu bebas untuk bereksperimen. Misal, kamu bisa memadukan kaus grafis, sneakers, dan celana jeans. Memadukan flat shoes, chinos, dan atasan simpel juga ide OOTD santai yang oke—ideal untuk hangout bareng teman dan pakaian sehari-hari.

Mix and Match

3. OOTD Elegan

Berbeda dengan dua style sebelumnya, gaya elegan ini akan membuatmu terlihat mewah, rapi, dan effortlessly sophisticated. Umumnya, gaya ini menggunakan warna netral dan gelap serta cutting yang clean. Setelan jas slim-fit berwarna biru navy atau long black dress dengan aksesori silver bisa kamu jadikan inspirasi OOTD elegan—ini cocok untuk pertemuan formal atau kesan pertama yang bold.

OOTD adalah

4. Gaya Vintage

Gaya berpakaian yang satu ini menonjolkan era lampau dan elemen retro. Makanya, vintage seringkali memadukan gaun bervolume dari tahun 50-an dengan sepatu Mary Jane atau boots. Para cowok juga bisa mengenakan jaket kulit dan high-waist jeans. Kamu akan tampil unik di pesta kostum atau ketika jalan ke coffee shop.

5. OOTD Preppy

Kamu suka tampilan yang terorganisir? Preppy style bisa menjadi inspirasi OOTD kamu. Tampil dengan blazer dan kemeja atau rok dan celana bermotif, kamu akan tampil super unik dan stylish ketika ke kantor. Perpaduan ini juga membuatmu tampak fresh dan profesional. Kemeja putih dan jeans atau sweater vest dan celana bahan adalah andalan preppy style.

OOTD adalah

6. Boho Fashion

Tampilan dengan gaya boho cocok untuk kamu yang mau terlihat airy dan santai serta unik. Umumnya tidak ada aturan mengikat dari boho style. Namun, motif etnik dan bunga-bunga sering menjadi bagian dari gaya ini.  Gaun maxi bermotif dengan vest rajut dan sandal gladiator, atau atasan off-shoulder dengan celana palazzo dan kalung panjang akan capture mode bohemian dengan sangat stylish.

OOTD adalah

7. Street Fashion Style

High-low fashion merupakan padu-padan yang tidak terelakkan dari street style. Tampilannya juga menggambarkan keberanian dan aktualitas. Kamu bisa memadukan hoodie grafis dengan mantel panjang dan boots. Kamu juga terlihat sangat fashionable dengan cap, celana jeans, dan T-shirt.

Fashionista

Setiap gaya OOTD memiliki esensi unik. Makanya, kamu bisa mengekspresikan sesuai dengan situasi dan keinginan diri. Jangan ragu untuk memadupadankan pakaian yang kamu punya, sehingga fitur terbaik dirimu bisa tersampaikan dengan sempurna.

Fashion akan selalu menjadi medan berekspresi yang selalu berkembang, sehingga OOTD menjadi salah satu cara terbaik untuk menampakkan value individu kamu. Dengan menggali berbagai gaya OOTD, kamu bisa menemukan kombinasi yang tepat dan complimenting dirimu yang sebenarnya.

Agar tetap jadi fashionista, jangan lupa cek koleksi voilà.id—banyak ragam pilihan yang menjadi bagian dari perjalanan fashion kamu! Bukan hanya kualitasnya yang terjamin, tapi semua yang ada di Voila 100% otentik.

Share this article