Brand History

Bangga dengan Legacy dan Tradisi, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Affordable Fashion Brand Furla

05 Jun 2024
Related Brands:

Apakah kamu sedang mencari produk fashion yang dibuat dari material berkualitas, desainnya timeless, dirancang dengan craftsmanship yang indah, tetapi harganya affordable? Kalau begitu, produk dari brand Furla bisa dipertimbangkan. Fashion house asal Italia ini memang dikenal dengan produk leather dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Karry Wang, brand ambassador Furla Karry Wang, brand ambassador Furla

Kalau belum terlalu familiar dengan Furla, kali ini voilà.id akan ajak kamu untuk tahu lebih dalam tentang brand tersebut. Mulai dari sejarah pendirian hingga perkembangan produk yang dirilis. Jadi, simak terus artikel di bawah ini agar kamu dapat mengenal brand ini lebih dalam!

Awal Mula Berdirinya Furla

Aldo Furlanetto dan Margherita Furlanetto Aldo Furlanetto dan Margherita Furlanetto

Furla adalah fashion house asal Italia yang didirikan di Bologna, Italia, pada tahun 1927 oleh Aldo Furlanetto dan istrinya, Margherita Furlanetto.  Mulanya, perusahaan ini dikenal sebagai leather company yang mendistribusikan pakaian dan aksesori. Setelah itu, Furla pun memberanikan diri untuk memproduksi tas, sepatu, dan aksesori dari material leather. Pada tahun 1955, Aldo membuka toko Furla yang pertama di Via Ugo Bassi, di jantung kota Bologna, dan brand ini pun mulai dikenal dan tumbuh pesat. Di tahun 1970-an, generasi kedua, Carlo, Paolo, dan Giovanna Furlanetto ikut terlibat dalam bisnis.

Toko pertama Furla di i Via Ugo Bassi (1955) Toko pertama Furla di i Via Ugo Bassi (1955)

Paolo dan Carlo bertanggung jawab atas pertumbuhan perusahaan, sedangkan Giovanna berkutat di bagian kreatif. Di tahun-tahun tersebut, perusahaan meluncurkan koleksi handbag dan aksesori. Perusahaan juga mengalihkan arah desain produk Furla dengan menggunakan leather eksklusif. Dan di tahun 1980-an, toko Furla tersebar di berbagai kota di dunia, termasuk Bologna, Roma, New York, dan Paris.

Heritage dan Desain Produk Furla

Desain produk Furla yang eksklusif Desain produk Furla yang eksklusif

Dalam hal luxury fashion, heritage adalah segalanya, dan Furla pun memiliki sejarah yang kaya dengan usia yang hampir satu abad. Brand yang awalnya merupakan leather goods workshop, kini memiliki status sebagai brand global yang menyajikan produk fashion berkelas. Heritage ini tercermin dalam komitmen brand pada kualitas dan eksklusifitas. Dengan jumlah produk yang diproduksi terbatas tiap musimnya, Furla memastikan setiap item produknya layak dikoleksi. 

Koleksi Furla dibuat di Italia dan dirancang dengan craftsmanship khas Italia, tetapi dengan sentuhan modern. Furla hanya menggunakan material leather berharga dan melakukan proses penyamakan khusus dengan mengutamakan detail yang didukung teknologi terkini. Produk Furla juga banyak mencerminkan lifestyle dari Italia dan membawanya ke seluruh penjuru dunia. Kemewahan produk dengan harga yang affordable selalu menjadi fokus brand, terutama untuk pasar di negara-negara berkembang.

Dengan mengadopsi filosofi desain kontemporer, fungsional, dan menciptakan lifestyle glamor dan fun, Furla pun berhasil berinteraksi dengan konsumen hingga bisa terus berkembang. Setiap bagian produk Furla dibuat dengan tangan di Italia menggunakan material terbaik, mulai dari buttery-soft leather hingga metal hardware yang berkilau. Attention to detail juga terlihat jelas pada jahitan hingga membuat setiap item seperti sebuah karya seni.

Logo Furla

Logo brand Furla Logo brand Furla

Logo Furla pertama yang dirancang pada tahun 1927 masih tetap bertahan selama hampir satu abad. Logonya tertulis “FURLA” menggunakan huruf besar, tebal, clean, dan menggunakan font serif dengan bentuk segitiga pada bagian tengah huruf “A”. Logo tersebut dibuat menggunakan warna hitam dengan background warna putih, tanpa detail tambahan apapun. 

Di tahun 2019, Furla melakukan desain ulang pada logonya dengan tetap mempertahankan pendekatan minimalis, tetapi tetap terlihat modern. Furla mengubah font huruf menjadi san-serif geometris, menggunakan huruf besar, sekaligus menambah tagline “SINCE 1927 ITALY”. Seluruh huruf dibuat menggunakan warna hitam, dan background warna putih. Logo ini terdiri dari dua baris, di mana baris pertama adalah tulisan “FURLA” dengan ukuran font lebih besar dibandingkan “SINCE 1927 ITALY” di baris kedua dengan ukuran lebih kecil.

Kenapa Produk Furla Banyak Disukai oleh Pencinta Mode?

Candy bag Furla yang fungsional Candy bag Furla yang fungsional

Keseimbangan antara style dan fungsionalitas menjadi salah satu alasan kenapa produk Furla disukai oleh fashionista. Desain produknya dirancang penuh gaya dan mengikuti mode, desainnya menggunakan clean lines, warnanya bold, dan dengan detail unik sehingga tampak berbeda dengan produk dari brand lainnya. Produk Furla juga highly-functional dengan fitur canggih.

Mulai dari adjustable strap, multiple compartments, dan zipper kokoh, tas Furla tidak hanya praktis, namun juga menarik. Candy bag menjadi tas ikonis Furla yang menampilkan keseimbangan dalam style dan fungsi. Tas ini memiliki warna cerah dan bentuk unik sehingga disukai oleh pencinta mode. Selain itu, Candy bag juga bisa digunakan untuk daily life karena memiliki space yang besar, sehingga bisa digunakan untuk membawa barang esensial.

Melestarikan Craftsmanship dari Italia

Brand Furla yang terus berkembang pesat Brand Furla yang terus berkembang pesat

Sebagai bukti atas loyalitasnya terhadap Made in Italy, di tahun 1999, perusahaan mengadakan “Furla per l’arte” penghargaan yang bertujuan untuk memberi visibilitas pada desainer muda Italia. Hal ini kemudian diikuti oleh pendirian Furla Foundation di tahun 2008. Tanpa melupakan asal usul dan legacy bisnis dari Italia, Furla juga menjadi self-ambassador dan menyebarkan produk-produk ikonis yang wajib dimiliki di tingkat internasional.

Pemenang 1 Furla per l’arte (2000) Pemenang 1 Furla per l’arte (2000)

Di tahun 2013, Furla tumbuh pesat di Asia dan omzet yang berasal dari pasar internasional pun meningkat sebesar 76% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada dekade terakhir ini, brand Furla terus berkembang sedemikian rupa hingga omzetnya meningkat dari EURO 150 juta di tahun 2010 menjadi EURO 513 juta di tahun 2018. Di tahun yang sama tersebut, Furla juga mengumumkan menjadi brand yang totally fur-free, mulai dari koleksi Cruise 2019. Keputusan ini menunjukkan komitmen Furla terhadap sustainability dan dampak lingkungan. 

Misi ini tercermin dalam penggunaan penyamakan jenis baru, pelarangan packaging plastic film, dan penggunaan tinta nabati dan energi ramah lingkungan. Pada koleksi Cruise 2020, Furla juga melarang beberapa jenis wol dan lebih memilih row material yang berasal dari rantai pasokan yang mudah dilacak dan transparan. Selain itu, Furla mengambil sumber leather-nya dari pemasok bersertifikat yang menerapkan praktik eco-friendly. Hal ini tidak hanya menjamin usia produk yang long-lasting, tetapi juga membantu melindungi planet bumi.

Salah satu koleksi Furla Cruise 2020 Salah satu koleksi Furla Cruise 2020

Dengan berjalannya waktu, perusahaan yang awalnya hanya bisnis keluarga kecil menjelma menjadi sebuah fashion brand yang dikenal secara global. Dan kini, Furla telah memiliki 457 store di 50 negara di seluruh dunia. Inovasi dan kreatifitas yang terus dijalankan membuat Furla tetap bisa bersaing dengan fashion brand lain, tetapi dengan harga yang lebih affordable.

Share this article