Brand History

Dolly Noire: Streetwear Italia yang Memadukan Kreativitas, Boldness, dan Budaya Urban

18 Aug 2025
Related Brands:

Lahir dari passion empat sahabat masa kecil di Milan, Italia, kini Dolly Noire dikenal lebih dari sekadar streetwear brand, tetapi menjadi simbol individualitas dan pemberontakan. Sejak didirikan pada tahun 2013, brand ini dikenal dengan rancangan yang memadukan budaya urban, kreativitas, dan desain yang bold.

Model memakai outfit Dolly Noire (Sumber foto: Instagram/dlynrmilano) Model memakai outfit Dolly Noire (Sumber foto: Instagram/dlynrmilano)

Kalau kamu penggemar streetwear dan sedang mencari produknya, kali ini voilà.id akan perkenalkan brand Dolly Noire yang produknya bisa dipertimbangkan. Jadi, simak terus artikel di bawah ini sampai selesai, ya.

Sejarah Singkat Brand Dolly Noire

Founder Dolly Noire kiri - kanan, atas - bawah Gio, Dani, Alli, Fede (Sumber foto: /www.dollynoire.com) Founder Dolly Noire kiri - kanan, atas - bawah Gio, Dani, Alli, Fede (Sumber foto: /www.dollynoire.com)

Dolly Noire, adalah streetwear brand asal Italia yang secara resmi berdiri sebagai S.r.l. pada 16 Juli 2013. Brand ini dibangun oleh empat orang sahabat berusia 15-an tahun, yaitu Gioele Castelvetere (direktur kreatif), Daniele Crepaldi (brand manager), Federico Ferrero (sales director), dan Alessandro Malandra (CEO). Mereka merancang T-shirt bergambar stylized bench atau bangku bergaya sebagai simbol tempat nongkrong mereka, yaitu Le Panche. 

Puff Dragon Tee Black (Sumber foto: www.dollynoire.com) Puff Dragon Tee Black (Sumber foto: www.dollynoire.com)

Di tengah ide-ide dan spirit masa muda, mereka memutuskan untuk membuat T-shirt simbolis bergambar bangku bergaya. Desain sederhana itu menandai awal perjalanan mereka bahwa busana bisa lebih dari sekadar pakaian karena bisa mewujudkan identitas, suasana hati, nilai-nilai, dan rasa memiliki kelompok. Sesuatu yang awalnya hanya berupa T-shirt sablon perlahan berkembang menjadi usaha kecil yang didorong oleh pesanan dari teman dan kerabat, serta ambisi mereka yang semakin besar.

Flagship store Dolly Noire di Milan, Italia (Sumber foto: www.dollynoire) Flagship store Dolly Noire di Milan, Italia (Sumber foto: www.dollynoire)

Di tahun 2008, mereka meresmikan usaha dengan membuka nomor PPN pertama sebagai perusahaan individual dan terus mengembangkannya. Selanjutnya pada Maret 2010, produk-produk Dolly Noire berhasil mendapatkan tanggapan positif dari konsumen ketika dijual di toko Amedeo D. di Milan, meskipun brand tersebut masih tergolong baru. Mereka secara strategis memanfaatkan sponsor acara dan media sosial untuk mempromosikan brand, membagikan kisah mereka, dan menginspirasi anak muda lainnya untuk mengejar impian.

Desain Produk Dolly Noire yang Ekspresif 

Desain produk Dolly Noire (Sumber foto: Instagram/dlynrmilano) Desain produk Dolly Noire (Sumber foto: Instagram/dlynrmilano)

Nama unik “Dolly Noire” mengandung makna simbolis yang mendalam. Nama ini terinspirasi dari Dolly, nama seekor domba yang menjadi makhluk kloning pertama dan merepresentasikan dunia yang sempurna, homogen, dan repetitif dengan kawanan domba putih yang seragam dan tak berubah. Sedangkan “Noire” atau “Black” mewakili perbedaan dan pemberontakan. Dan dari konsep homogenitas ini, Dolly Noire punya tujuan memperjuangkan “black soul” atau jiwa hitam yang menegaskan nilai keberagaman dan keberanian untuk bersuara lantang. 

Visi dan tujuan inti Dolly Noire berkisar pada dorongan individu untuk merangkul keaslian mereka, berinvestasi dalam bakat, dan tanpa henti mengejar impian. Brand ini percaya bahwa menjadi “domba hitam” berarti punya keberanian untuk berkreasi, terlihat menonjol, dan menjadi berbeda. Karya-karya mereka dibuat dengan cermat untuk semua orang yang tinggal di dunia “Dolly” tetapi bercita-cita untuk meninggalkan dampak “noire” yang abadi.

Desain produk Dolly Noire yang kreatif (Sumber foto: Instagram/dlynrmilano) Desain produk Dolly Noire yang kreatif (Sumber foto: Instagram/dlynrmilano)

Filosofi desain Dolly Noire berakar kuat pada perpaduan budaya urban dengan estetika inovatif. Karya-karya mereka lebih dari sekadar pakaian, tetapi menjadi simbol individualitas dan ekspresi diri, dirancang bagi mereka yang berani menantang konformitas. Meskipun T-shirt yang pertama kali dirilis dengan stylized bench merupakan fondasi, tetapi seiring dengan berjalannya waktu muncul sebagai karya yang dicintai dan menjadi ciri khas, mewujudkan identitas merek dan keterkaitannya dengan budaya streetwear. Meskipun Dolly Noire belum dikenal pada saat itu, penerimaannya cukup positif dan ini memvalidasi impian awal mereka. 

Seiring berkembangnya brand, para pendiri jatuh cinta pada satu produk khususnya: topi snapback dengan visor datar dan penutup klip yang dapat disesuaikan. Produk itu menjadi ciri khas mereka. Merek tersebut membangun reputasi di sekitar produk itu, membantu memicu trend snapback di seluruh Italia. Berkat network of ambassador, seperti pemain skateboard, DJ, penulis, fotografer, dan kreator, mereka menyebarkan filosofi dan estetika Dolly Noire ke seluruh subkultur urban.

Blur Snapback Forest Night (Sumber foto: www.dollynoire.com) Blur Snapback Forest Night (Sumber foto: www.dollynoire.com)

Berawal dari kaos grafis sederhana, kini berkembang menjadi koleksi pakaian lengkap, mulai dari hoodie, jaket, topi, tas, aksesori dan semuanya dipenuhi grafis yang bold, slogan-slogan yang berani, dan kolaborasi dengan menyatukan mode dan ekspresi subkultur. Topi snapback tetap menjadi desain emblematik mereka, sebuah produk yang merangkum identitas dan resonansi mereka dalam dunia mode jalanan.

Signature Pieces Dolly Noire

Screen printing Jigoku Dayu Tee White (Sumber foto: www.dollynoire.com) Screen printing Jigoku Dayu Tee White (Sumber foto: www.dollynoire.com)

Ada beberapa produk Dolly Noire yang menjadi favorit penggemar streetwear. Misalnya oversized T-shirt Dolly Noire yang dirancang dengan desain bold, memakai high-quality material, dan cutting longgar yang mencerminkan urban culture. Dikenal karena menggunakan screen printing, brand ini juga sukses menciptakan desain grafis memukau yang tetap hidup dan durable. Setiap karya mewujudkan semangat individualitas dan kebebasan, serta menampilkan eye-catching artwork, logo, atau desain terinspirasi budaya pop yang standout.

Kreasi produk Dolly Noire yang unik (Sumber foto: www.dollynoire.com) Kreasi produk Dolly Noire yang unik (Sumber foto: www.dollynoire.com)

Visi dan tujuan Dolly Noire berakar pada passion, keberanian, dan komunitas. Mereka memposisikan diri lebih dari sekadar brand, tetapi sebuah keluarga yang berjuang untuk mewujudkan mimpi sambil mendorong penggemarnya untuk “be braver” atau lebih berani, berani lebih, menantang diri sendiri, atasi rasa takut, dan berekspresi tanpa batas. Apakah kamu tertarik mengoleksi produk Dolly Noire dengan desain yang bold, ekspresif, dan bergaya? Segera dapatkan hanya dengan mengunjungi website atau butik voilà.id

Share this article