Site icon edit.voila.id

Fakta Brand Celine dengan Desain Minimalis dan 10 Rekomendasi Produknya!

Fakta Brand Celine dengan Desain Minimalis dan 10 Rekomendasi Produknya!

Jika kamu mencari produk fashion dengan desain minimalis, tetapi masih menebarkan sentuhan elegan, maka Celine harus masuk dalam daftar brand yang perlu dipertimbangkan. Brand asal Prancis ini juga dikenal loyal pada penggemar setianya di seluruh dunia. Hal ini dilakukan dengan menciptakan produk yang nyaman dipakai dan fashionable. Jadi, tidak mengherankan jika  brand Celine banyak disukai oleh fashionista di seluruh dunia.

Baca juga : 10 Artis Korea yang Pernah Menjadi Brand Ambassador Merek Ternama

Dan di artikel kali ini, voila.id akan mengulas tentang histori singkat brand Celine, kenapa produk Celine begitu populer, serta mengulik sedikit tentang brand ambassador-nya. Agar tidak penasaran lagi, baca terus artikel di bawah ini sampai tuntas ya!

Sejarah Perjalanan Brand Céline

Céline Vipiana (sumber foto: https://style.katexoxo.com/)

Celine didirikan oleh Céline Vipiana dan suaminya yang bernama Richard pada tahun 1945. Mulanya, brand ini fokus sebagai butik footwear untuk anak-anak seperti sepatu yang dibuat sesuai pesanan dan berlokasi di 52 Rue Malte, Paris, Prancis. Pada awal berdirinya Celine, brand ini memiliki logo yaitu red elephant yang dibuat oleh kartunis Raymond Peynet. 

Baca juga : Jangan Ketinggalan! Ikuti 5 Trend Jenis Tas di Musim Semi Ini

Iklan produk Celine tahun 1968 (sumber foto: https://www.flickr.com/photos/teenjetset/8471653990/)

Setelah lebih dari satu dekade, tepatnya pada tahun 1960, Vipiana mulai fokus pada women’s ready-to-wear yang lebih fashionable dengan pendekatan yang sporty. Vipiana juga memastikan bahwa produk Celine memprioritaskan fungsi sekaligus style sehingga penggunanya merasa nyaman dan tampilannya pun elegan.

Setelah sukses dengan sepatu custom-made, pada tahun 1965, Celine memperkenalkan lini sepatu wanita untuk yang pertama kalinya. Koleksi sepatu yang debut pertama ini dirancang dengan bahan leather sehingga terlihat anggun dan memesona. Tidak berhenti sampai di sana, pada tahun 1966, Celine pun melanjutkan ekspansi bisnis dengan meluncurkan aksesori dari bahan leather. Mulai dari tas, gloves, dan belt yang dibuat di Florence untuk mempertahankan kualitasnya.

Baca juga : Lihat 10 Brand Termahal Tahun 2022 Ini Jadi Bikin Kerja Semakin Semangat!

Kampanye iklan Celine tahun 1970-an (sumber foto: https://hypesneakerid.com/intip-sejarah-brand-celine-yang-tak-kalah-sukses-dari-brand-chanel/)

Pada tahun 1973, Celine mengganti logo red elephant dengan desain baru. Logo baru ini menampilkan huruf ‘C’ saling terkait yang terinspirasi dari Arc de Triomphe, sebuah monumen terkenal dan bersejarah yang berdiri di kota Paris, Prancis. Logo ini digunakan untuk membuat kanvas ‘C’ Sulky pertama Celine yang terlihat begitu khas.

Pada tahun 1987, CEO LVMH yaitu Bernard Arnault tertarik untuk berinvestasi pada Celine. Dan di tahun 1996, Arnault membeli brand Celine dengan harga $540 juta atau sekitar Rp8 triliun setelah Vipiana meninggal dunia. Selanjutnya, Arnault mengintegrasi brand Celine ke dalam portfolio LVMH Group.

Desain Celine yang Minimalis Banyak Disukai Fashionista

Desain busana Celine yang minimalis (sumber foto: https://www.madamefigaro.hk/fashion/phoebe-philo-lvmh-kering-58830/10/)

Keunggulan brand Celine adalah penggunaan material leather yang premium, terutama pada leather bag, serta skill craftsmanship yang dimiliki untuk menciptakan produk Celine berkualitas tinggi. Walaupun ditampilkan dengan desain sederhana, tetapi produk Celine menebarkan pesona anggun, feminin, dan stylish

Baca juga : Yakin Nggak Ingin Punya Tas Celine? Berikut 7 Model Tas Terbarunya Ini

Jadi, tidak mengherankan jika produk Celine ideal dipakai untuk wanita modern karena menawarkan tampilan feminin sekaligus kontemporer. Sebagian besar produk juga didesain dengan warna netral, tampilan outfit yang loose-fitting, dan siluetnya terlihat begitu artistik. Motto Celine yang ‘Less is more’ juga melengkapi vibe santai pada product fashion Celine. Pendekatan yang inovatif dan ekspresif membuat brand ini sukses menciptakan rancangan yang sesuai dengan lifestyle modern.

Desainer Kreatif yang Pernah Memimpin Celine

Céline Vipiana menjadi desainer utama sejak tahun 1945 hingga 1997. Dan berikut ini adalah pengganti Céline Vipiana yang berperan sebagai desainer kreatif brand Celine.

1. Michael Kors, 1997-2004

Michael Kors (sumber foto: https://www.wmagazine.com/culture/michael-kors-my-life-in-parties-40th-anniversary)

Setelah Vipiana meninggal di usia 84 tahun, Celine menunjuk Michael Kors sebagai desainer kreatif mulai tahun 1997-2004. Desainer asal Amerika Serikat ini sukses mengembangkan brand Celine hingga lebih dikenal oleh pencinta fashion dunia. Michael Kors juga banyak membuka butik Celine di berbagai kota di dunia seperti London dan Tokyo agar brand ini makin mudah diakses oleh para fashionista

2. Roberto Menichetti, 2004

Roberto Menichetti (sumber foto: https://furugishion.com/brand/burbbery/)

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022

Pada Oktober 2004, Roberto Menichetti memulai debut sebagai direktur kreatif Celine menggantikan Michael Kors. Namun, pada Mei 2005, kerja sama antara Roberto Menichetti dengan Celine berakhir. 

3. Ivana Omazic, 2005-2008

Ivana Omazic (sumber foto: http://www.tedore.at/2012/11/fashion-news-ivana-omazic-joined-maison.html)

Desainer berkebangsaan Kroasia Ivana Omazic ditunjuk sebagai desainer kreatif Celine setelah ditinggalkan oleh Roberto Menichetti. Ivana sendiri memiliki pengalaman sebagai konsultan brand dan pernah bekerja untuk Prada, Jil Sander, dan Miu Miu. 

4. Phoebe Philo, 2008-2018 

Phoebe Philo (sumber foto: https://www.gettyimages.co.nz/photos/phoebe-philo)

Baca juga : 10 Tas Ikonis dari Berbagai Brand Terkenal di Dunia

Pada September 2008, LVMH Group menunjuk Phoebe Philo sebagai direktur kreatif baru brand Celine. Desain Phoebe dikenal dengan nilai estetis dengan tren minimalis yang cool. Tahun 2014 menjadi tahun keemasan brand Celine karena Maison Celine mulai membuka banyak butik baru di London, Paris, Tokyo, New York, dan Shanghai. 

Pada tahun 2014, Celine juga merenovasi kantor pusat di 16 Rue Vivienne, sebuah bangunan bersejarah yang didirikan tahun 1653. Phoebe Philo juga sukses melambungkan nama Celine dan membuat brand ini populer di kalangan pecinta mode karena menawarkan desain yang minimalis modern. Setelah memimpin Celine selama 10 tahun, Phoebe Philo pun mengundurkan diri pada tahun 2018. 

5. Hedi Slimane, 2018-sekarang 

Hedi Slimane (sumber foto: https://www.sandrascloset.com/breaking-news-hedi-slimane-to-join-celine/)

Sepeninggal Phoebe Philo, Celine dipimpin oleh direktur kreatif baru bernama Hedi Slimane. Di bawah kepemimpinannya, Hedi Slimane membawa Celine ke arah yang jauh berbeda dari Philo yaitu dengan karakter urban rock dan roll vibe. Reaksi publik pun beragam, tetapi Slimane tetap bersikukuh dengan idenya untuk melakukan rebranding Celine. Slimane melakukan beberapa perubahan mendasar, misalnya pada logo dengan menggunakan nama ‘CELINE’ dengan aksen tidak terlalu tajam dan menggunakan huruf besar, serta menghilangkan akson pada huruf ‘E’. Tidak hanya itu, Slimane juga merancang busana yang lebih berjiwa muda, tetapi masih terlihat elegan dan estetis.

Brand Ambassador Celine

Dari kiri ke kanan: V BTS, Lisa BLACKPINK, dan Park Bo Gum (sumber foto: https://kdra-bogome2.com/2023/03/31/celine-event/)

Baca juga : Contek Gaya Airport Fashion Member BTS yang Manly dan Stylish

Popularitas K-Pop yang menjadi magnet bagi pencinta musik dunia juga menarik perhatian Hedi Slimane yang berperan sebagai direktur kreatif Celine. Slimane pun menerapkan strategi dengan menunjuk Lisa BLACKPINK menjadi Celine global ambassador sejak tahun 2020.

Tidak berhenti sampai di sana, Celine juga menambah selebriti Korea Selatan lainnya dalam daftar brand ambassador yaitu V BTS (Kim Taehyung) dan Park Bo-gum. Popularitas ketiga selebriti terkemuka di Korea Selatan itu pun membuat brand Celine makin dikenal di kalangan generasi muda di seluruh dunia.

Rekomendasi Produk dari Brand Celine

Setelah membaca lengkap artikel di atas, selanjutnya voila.id akan merekomendasikan produk Celine yang bisa kamu koleksi, mulai dari tas, kacamata, belt, dan sepatu.

1. Celine Micro Belt Bag Prussian Linen Grained

Celine Micro Belt Bag Prussian Linen Grained

2. Celine Teen Triomphe Bag in Shiny Calfskin Soft Yellow

Celine Teen Triomphe Bag in Shiny Calfskin Soft Yellow

3. Celine Chain Triomphe Shiny Calfskin Shoulder Bag Red Ghw

Celine Chain Triomphe Shiny Calfskin Shoulder Bag Red Ghw

4. Celine Mini Vertical Cabas Logo Print Natural/Carmin

Celine Mini Vertical Cabas Logo Print Natural/Carmin

5. Celine Medium Patapans In Triomphe Canvas Tan

Celine Medium Patapans In Triomphe Canvas Tan

6. Celine Medium Triomphe Belt Canvas with Collar Stud Buckle Black

Celine Medium Triomphe Belt Canvas with Collar Stud Buckle Black

7. Celine Triomphe 06 Sunglasses Acetate Frame Gradient Havana

Celine Triomphe 06 Sunglasses Acetate Frame Gradient Havana

8. Celine Jane Low-Top Sneakers Canvas and Calfskin Leather White

Celine Jane Low-Top Sneakers Canvas and Calfskin Leather White

9. Celine CT-07 Lace Up Sneakers Calfskin Leather Optic White/Black

Celine CT-07 Lace Up Sneakers Calfskin Leather Optic White/Black

10. Celine Clea Triomphe Sandals Slide Tan

Celine Clea Triomphe Sandals Slide Tan 

Sekarang, kamu sudah memiliki gambaran lebih lengkap tentang brand Celine, kan? Dengan dipimpin oleh desainer kreatif, produk Celine pun layak sekali untuk dimiliki. Jika tertarik untuk mengoleksinya, segera kunjungi website/aplikasi voila.id untuk mendapatkan produk fashion yang menarik perhatianmu. Jangan khawatir! Semua produk yang kamu dapatkan dijamin original!

Baca Selengkapnya →