Setelah pandemi Covid-19 mereda, industri brand mewah kembali mengalami peningkatan cukup signifikan. Pada 12 Juni 2023, STOXX Europe Luxury 10 Index telah meningkat sebesar 22,81%. Lonjakan ini terjadi setelah kondisi ekonomi di China membaik setelah tiga tahun mengalami lockdown. Dan kini, Moet Hennessy Louis Vuitton atau LVMH menjadi konglomerat barang mewah terbesar di dunia dan menjadi perusahaan paling berharga di Eropa dengan kapitalisasi pasar lebih dari $500 miliar.
Belanja online yang makin praktis, aman, serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja juga menjadi pendorong kenaikan penjualan barang mewah. Data yang diperoleh dari Google Trend, SimilarWeb, dan RivalIQ dapat digunakan untuk melacak traffic website dan social media engagement. Dan dalam artikel kali ini, voilà.id akan memperkenalkan 10 brand termahal di dunia 2023 yang dilansir dari Forbes.
1. Christian Dior

https://www.vecteezy.com/vector-art/23599755-christian-dior-logo-brand-black-design-symbol-luxury-clothes-fashion-vector-illustration
Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022
Brand termahal di dunia 2023 yang menempati posisi puncak untuk pertama kalinya adalah Christian Dior yang merangkak naik dari nomor 7 pada tahun 2019. Sebagai member dari luxury empire LVMH, perusahaan yang berbasis di Paris ini menunjukan pendekatan untuk berpikir maju dengan menjelajahi metaverse dan berpetualang ke pasar baru. Perusahaan ini juga memperkuat keterlibatan konsumen melalui store, e-commerce, live streaming, dan kehadiran sosial media yang kuat, termasuk di China. Pameran luxury brand asal Eropa pertama di India juga mendapat perhatian luas. Dan di tahun 2023, traffic website Dior naik sebesar 48% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut juga didorong oleh popularitas tas dan parfum ikonis, serta lini skincare premium.


2. Gucci

https://jo-executive.com/home.php?Integrity=favorite896605440&cid=139&m=1&g=12
Gucci adalah fashion house asal Italia yang posisinya turun ke peringkat dua pada tahun 2023 setelah bertahun-tahun menduduki peringkat teratas. Meskipun terjadi penurunan minat pada penelusuran online dari 22,34% pada tahun 2019 menjadi 13,4% pada tahun 2023, brand ini masih tetap memiliki kinerja baik secara digital dengan pertumbuhan traffic situs website sebesar 13% dari tahun 2022 hingga 2023. Gucci melanjutkan eksplorasi metaverse dengan berkolaborasi dengan Yuba Labs, meskipun terjadi perubahan kepemimpinan. Da pada April 2023, Gucci meluncurkan butik ultra-luxury “By-appointment-only” di Los Angeles.


3. Chanel

https://www.sohu.com/
Baca juga : 10 Rekomendasi Merk Tas Branded Populer 2023: Penunjang Look di Segala Acara
Mempertahankan posisi ke-3 dalam peringkat brand mewah online terpopuler tahun 2023, rumah mode Chanel mengalami pertumbuhan traffic situs website sebesar 26%. Brand ini dikenal secara global karena produk-produk ikoniknya, khususnya Classic Flap bag dan wewangian seperti Chanel No. 5. Pertumbuhan perusahaan juga didukung oleh makin banyaknya konsumen muda. Chanel juga memperoleh endorse signifikan saat mendandani selebriti di Met Gala 2023. Selain itu, Chanel juga membuka butik terbesarnya di Rodeo Drive yang terkenal di Beverly Hills. Brand ini tetap dimiliki secara pribadi oleh Alain dan Gerard Wertheimer, cucu dari mitra bisnis awal Coco Chanel, Pierre Wertheimer.


4. Louis Vuitton

https://www.feelingsexy.com.au/brands/louis-vuitton-500155
Luxury house Prancis Louis Vuitton masih menempati posisi ke-4 dalam peringkat Luxe tahun 2023, meskipun terjadi penurunan minat terhadap penelusuran online dari 15% pada tahun 2020 menjadi 9% di tahun 2023. Brand ini masih memiliki volume traffic website terbesar di tahun 2023 dengan rata-rata 16,5 juta visitor per bulan dan meningkat 25% dari tahun ke tahun. Dikenal karena menciptakan kembali lini produk ikonis dan berkolaborasi dengan artis, Louis Vuitton merayakan kekayaan sejarahnya dengan pameran LV Dream yang mengesankan di Paris. Brand ini juga menguasai China dan menempati peringkat top 10 brand Eropa paling berharga. Dan baru-baru ini, CEO Pietro Beccari menunjuk penyanyi hip-hop Pharrell Williams sebagai creative director Menswear dan diharapkan dapat meningkatkan popularitas online brand tersebut.


5. Hermès

https://assets-finance.hermes.com/
Baca juga : Top 10 Merk Sepatu Branded untuk Lengkapi Koleksi Sepatumu
Mempertahankan posisi ke-5 dalam daftar brand termahal di dunia 2023 sebagai luxury brand online populer, Hermès mengalami peningkatan traffic website yang meningkat 33% dari tahun ke tahun. Terkenal dengan tas klasik yang timeless seperti Birkin, Hermès sangat diminati dan kehadirannya cukup kuat di pasar second hand. Brand ini juga mengadopsi pendekatan konservatif terhadap jaringan distribusinya, sekaligus memperluas jangkauan produk secara signifikan di website resminya.


6. Rolex 
https://doppelwatches.com/collections
Mempertahankan posisi ke-6 di tahun 2023, Rolex tetap menjadi luxury watch brand online yang paling dicari. Rolex juga menjadi brand jam tangan mewah terbesar secara global. Stabilitas ini disebabkan oleh daya tarik yang terus berlanjut dari koleksi inti, peluncuran model baru, dan meningkatnya minat pada jam tangan second hand.
Meskipun tidak menawarkan opsi e-commerce, brand ini mendapatkan manfaat dari meningkatnya popularitas situs penjualan luxury resale dan peluncuran program Certified Pre-Owned. Popularitas brand Rolex yang luar biasa menghasilkan penjualan retail sekitar $10,3 miliar pada tahun 2022 dan mendominasi pasar jam tangan mewah global dengan 31% share yang luar biasa. Prestise brand serta pertumbuhan basis konsumen muda dan kaya terus mendukung penjualan jam tangan Rolex.


7. Prada

https://www.eyecandyoptical.com.sg/product-page/prada
Baca juga : 10 Rekomendasi Brand Sepatu Pria, yang Ini Terkenal Seantero Dunia!
Prada adalah perusahaan milik keluarga yang menempati posisi ke-7 sebagai brand termahal di dunia 2023 versi Forbes. Dari tahun ke tahun, brand ini mendapatkan traffic ke website yang mengesankan dan tumbuh 49%. Peralihan penjualan online Prada ini telah menarik konsumen muda dan kaya. Teknologi baru seperti blockchain dan NFT juga dapat meningkatkan customer experience. Peluncuran lini produk yang ramah lingkungan seperti Eternal Gold jewelry dan parfum Prada Paradoxe menunjukan komitmen Prada pada sustainability.

8. Versace

http://www.luxicoafrica.com/
Luxury brand asal Italia, Versace yang didirikan oleh Gianni Versace pada tahun 1978 mengokohkan posisinya sebagai salah satu brand termahal di dunia 2023. Menurut Forbes, posisinya melonjak 10 posisi pada tahun 2021. Brand yang diakuisisi oleh Capri (Saat itu Michael Kors Group) pada tahun 2018 ini menampilkan gaya Versace yang sudah menjadi ciri khas. Brand ini juga populer di kalangan konsumen muda melalui high-profile fashion event dan endorsement dari selebriti.
Versace menawarkan serangkaian produk mulai dari haute couture hingga home furnishing dan bertekad untuk meningkatkan pendapatan aksesorinya hingga 50%. Perusahaan ini juga berencana meningkatkan opsi e-commerce untuk memperluas jangkauan global dengan menjual produk melalui butiknya sendiri, platform e-commerce, multi-brand retailer, dan e-retailer.


9. Burberry

https://seeklogo.com/vector-logo/318144/burberry
Baca juga : Upgrade Koleksimu Jadi Lebih Stylish dengan Merek Baju Branded Ini
Brand termahal di dunia 2023 selanjutnya adalah Burberry. Dengan CEO dan CCO yang baru, Burberry melakukan penyegaran untuk menarik konsumen muda dengan merilis produk yang tidak hanya memperkenalkan tradisi Inggris, tetapi juga estetika yang mewah dan modern dengan kolaborasi bersama Burna Boy dan rapper Kano. Selain mengeksplorasi desain baru pada outerwear, Burberry juga memperluas portfolio produk leather dan shoes agar sale untuk aksesori bisa lebih dari separuh penjualan.
Dan sebagai pionir digital, Burberry ini menerima Metaverse World and Gaming Experience Award pada Desember 2022 karena peluncuran non-fungible token (NFT) dan kolaborasi dengan video game populer Minecraft. Brand ini juga menekankan sustainability ada produk dengan tujuan mengurangi emisi rantai produksi sebesar 46% pada tahun 2030, mencapai “iklim positif” pada 2040, dan melarang penggunaan kulit eksotis pada koleksinya.


10. Coach 
https://www.allaboutvision.com/eyewear/sunglasses/coach-sunglasses/
Coach menduduki posisi ke-10 sebagai brand termahal di dunia 2023. Belanja online menjadi salah satu cara konsumen mendapatkan produk sehingga traffic ke website Coach meningkat. China menjadi pasar yang menjanjikan dan Coach melakukan re-image brand dari strategi “youthful brand” menjadi kategori “modern mom”. Selain itu, Coach juga melakukan banyak strategi untuk memposisikan diri sebagai brand premium untuk menarik konsumen muda. Kehadiran produk tas Coach yang baru seperti Tabby bag cukup menarik bagi Gen Z dan millennial shopper.


Baca juga : 10 Brand Ini Mewah dan Berkualitas, tetapi Ramah Dompet!
Demikianlah 10 brand termahal di dunia 2023 versi Forbes. Apakah salah satu brand favoritmu masuk dalam list tersebut? Fakta yang cukup menarik adalah bahwa belanja online yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dapat mendorong penjualan barang mewah.
Kalau saat ini kamu sedang mencari luxury product dari brand-brand di atas, segera kunjungi website voilà.id. Ada banyak produk mewah yang bisa kamu dapatkan di sana. Happy shopping!