Style

Mirip Tapi Beda, Ini Perbedaan Heels dan Wedges

17 May 2024

Berkat popularitasnya, sepatu heels dan wedges menjadi must-have items dalam dunia fashion. Sayangnya, tidak sedikit orang yang salah kaprah mengenai perbedaan heels dan wedges, sehingga penggunaannya jadi kurang tepat. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Heels vs Wedges, Apa Bedanya?

Jika dilihat sekilas, heels dan wedges memang mirip, baik secara desain maupun ilusi tinggi yang ditampilkan. Namun, jika dilihat lebih teliti, ternyata keduanya sangat berbeda. Ini penjelasannya.

Sepatu heels dari Manolo Blahnik

Sejarah Sepatu Heels dan Wedges

Sepatu hak tinggi Berbagai jenis sepatu hitam dengan background coklat muda

Tahukah kamu, heels dan wedges sama-sama memiliki sejarah panjang?

Faktanya, sejarah mencatatkan bahwa heels sendiri ada sejak abad ke-10 di Persia, lalu menyebar hingga Eropa. Meski begitu, belum jelas siapa penemu high heels yang pertama. Namun, nama Catherine de’ Medici, kerap disebut-sebut sebagai sosok yang mempopulerkan sepatu yang juga disebut sebagai sepatu hak tinggi ini.

Sementara itu, sepatu wedges sendiri baru tercipta di tahun 1930-an. Orang yang mempopulerkannya adalah Salvatore Ferragamo, desainer sepatu terkenal dari Italia.

Bentuk dan Desain Sol

Wedges itu seperti apa Close-up bagian kaki wanita yang sedang menggunakan heels

Cara termudah untuk membedakan sepatu heels dan wedges adalah melihat bentuknya.

Pada umumnya, sepatu high heels memiliki bentuk yang lebih ramping daripada wedges. Bagian belakang sol sepatu heels memiliki desain lebih tinggi, sementara bagian depannya membentuk sudut yang tajam dan mengerucut.

Lalu, wedges itu seperti apa?

Sepatu wedges umumnya memiliki desain yang lebih bulky, alias penuh. Ini karena bagian sol sepatu wedges lebih tebal memanjang, serta memiliki bagian bawah yang datar, tidak ada bidang kosong seperti sepatu heels.

Jenis Model

Heels lancip dan heels tertutup Potret sepatu sekumpulan wanita yang sedang berpesta

Meski memiliki satu nama, baik heels dan wedges memiliki berbagai model, dan setiap modelnya memiliki nama yang berbeda pula.

Misalnya saja, stiletto merupakan sebutan untuk sepatu heels lancip dengan hak yang tajam dan point. Lalu, ada juga model pump shoes, yang menjadi sebutan untuk heels tertutup.

Untuk wedges sendiri, salah satu model terpopulernya adalah espadrille. Sepatu satu ini umumnya memiliki sol yang dibalut oleh tali, serta menggunakan material kain. Kemudian, ada juga ankle-strap wedges, yakni sepatu wedges yang memiliki tali di bagian pergelangan kaki.

Stabilitas Penggunaan

Heels vs wedges Potret wanita yang sedang duduk dengan berbagai sepatu di dekat kakinya

Pada umumnya, sepatu heels memberikan stabilitas yang lebih rendah karena memiliki bidang pijakan yang lebih kecil. Oleh karena itu, kamu mungkin memerlukan latihan dulu saat hendak menggunakannya, apalagi jika hak-nya tinggi.

Kebalikannya, bidang pijakan wedges cenderung lebih lebar, sehingga stabilitasmu saat berjalan lebih terjamin. Maka dari itu, tak heran jika wedges cenderung lebih nyaman digunakan.

Jenis Event

Fungsi high heels Sekumpulan wanita muda sedang berpesta

Untuk penggunaan di acara-acara formal, misalnya acara pernikahan atau meeting, sepatu heels adalah jagonya. Fungsi high heels adalah memberi ilusi kaki yang terlihat lebih ramping dan jenjang, sehingga look kamu akan jadi lebih elegan.

Sementara itu, sepatu wedges lebih versatile. Kamu bisa menggunakannya di acara formal maupun kasual, baik di dalam maupun luar ruangan.

Rekomendasi Sepatu Heels dan Wedges Terbaik

Belum punya sepatu heels dan wedges? Atau sudah punya, tapi ingin menambah koleksi? Ini beberapa rekomendasi yang wajib ada di rak sepatu kamu!

1. Valentino Garavani Rockstud Ankle Strap Silk Sandal 95mm Wedges Poudre

Rekomendasi wedges branded Valentino Garavani Rockstud Ankle Strap Silk Sandal

Dengan warna yang soft, wedges model ankle-strap satu ini otomatis memberi kesan yang mewah dan elegan, namun tetap edgy dengan taburan rockstud. Sandal ini cocok kamu gunakan di event siang maupun sore hari.

2. Hermès Oasis Sandals Epsom Etoupe

Rekomendasi heels pendek branded Hermes Oasis Sandal

Dengan heels setinggi 5 cm, sandal Hermes Oasis ini cocok untuk kamu gunakan di acara kasual maupun formal. Sandal satu ini menggunakan Epsom leather, yang merupakan material tas dan aksesori khas Hermes. Begitu memakainya, kamu pasti akan merasakan sensasi luxurious yang instan.

3. Tod’s Chain Cut-Out Calfskin Leather Kate Wedges White

Rekomendasi wedges putih branded Tod's Chain Cut-Out Calfskin Leather Kate Wedges White

Kate wedges dari desainer Italia terkenal Tod’s merupakan opsi yang cocok untuk kamu yang ingin memadupadankan semua outfit dengan wedges. Warna dan modelnya yang versatile tak hanya membuat sepatu ini mudah di-mix and match, tapi juga membuat tampilanmu makin chic dan sophisticated.

4. Malone Souliers Uma 80 Leather Ankle Strap Heels Black

Rekomendasi heels branded minimalis Malone Souliers Uma 80 Leather Ankle Strap Heels Black

Uma merupakan sepatu heels berwarna hitam hasil kreasi desainer Italia terkenal, Malone Souliers. Dengan tampilannya yang ramping dan sleek, sepatu ini sangat cocok untuk acara pesta malam hari ataupun untuk meeting di kantor.

5. Hermès Legend 70 Sandals Wedges Gold

Rekomendasi wedges coklat branded Hermès Legend 70 Sandals Wedges Gold

Sandal Hermes Legend 70 merupakan salah satu opsi wedges dengan desain klasik dan minimalis. Meski begitu, hal itu tak menutupi kesan mewah dan sophisticated khas Hermes. Wedges satu ini sangat versatile dan bisa kamu gunakan untuk acara kasual dan formal sekaligus.

6. Christian Dior Slingback Pump Heels Embroidered Butterfly Motif Black

rekomendasi heels dior Christian Dior Slingback Pump Heels Embroidered Butterfly Motif Black

Model sepatu slingback pump heels satu ini pasti akan memikat hati siapapun yang melihatnya. Penggunaan warna hitam serta bordiran kupu-kupu di sepatu ini memberi kesan elegan dan ‘mahal’, namun juga playful dan feminin. Sepatu ini cocok sekali kamu gunakan di acara pesta malam hari, baik dengan dress ataupun celana.

Meski mirip, perbedaan heels dan wedges sebenarnya signifikan, mulai dari model, tingkat kenyamanan, hingga jenis event yang sesuai. Yang jelas, keduanya harus ada di rak sepatu kamu, agar kamu siap menghadiri event apapun. Yuk, dapatkan heels dan wedges branded kesukaan kamu di Voila!

Share this article