Top Picks

Sejarah Adidas Samba, Sepatu Legendaris yang Tak Lekang Oleh Waktu

21 May 2024
Related Brands:

Pecinta fashion tentu tidak asing dengan nama Adidas Samba. Tapi, tahukah kamu kalau awalnya sepatu ini adalah untuk sepak bola? Melalui artikel ini, kamu akan belajar banyak tentang sejarah Adidas SambaSebagai bagian dari banyak subkultur, sepatu ini telah mengukuhkan posisinya sebagai simbol gaya dan keberanian dalam berekspresi.

Dari Lapangan Hijau hingga Ikon Global yang Dinamis

Adidas Samba tahun 1950 Tampilan Adidas Samba Tahun 1950

Adi Dassler, pendiri Adidas, turun tangan untuk mendesain Adidas Samba tahun 1950. Namun, tujuannya saat itu adalah memenuhi kebutuhan atlet sepak bola yang berlatih di lapangan selama musim dingin. 

Misi dari Dassler juga sangat revolusioner, yaitu membuat sepatu yang baik untuk performa atlet di lapangan sekaligus tetap stabil meskipun berada di permukaan yang licin. Maka dari itu, bahan karet terpilih untuk menjadi sol Samba—efektif memberikan cengkraman kuat di permukaan beku. 

Sepatu ini juga tampil sebagai elemen estetis penggunanya—tampilan yang minimalis dan elegan membuat Samba segera mencuri hati para atlet dan penggemar sepak bola kala itu.

Desain yang Berkembang

Evolusi sepatu Samba melewati batas-batas lapangan olahraga dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan sehari-hari. Beberapa modelnya sudah menggunakan suede dan kulit, sehingga penggunaannya tidak hanya untuk olahraga. 

Bahkan, tampilannya yang sederhana tapi chic membuat Samba menjadi pilihan gaya santai para pecinta mode. Penerimaan pasar, di sisi lain, juga sangat positif. Samba menjadi populer juga di kalangan penggemar musik ska dan punk era 1980-an. 

Ini menjadi bukti bahwa Adidas mampu berinovasi secara berkelanjutan tanpa mengorbankan kualitas hingga merefleksikan brand-nya sebagai refleksi budaya kontemporer.

Sejarah Adidas Samba Tampilan Hailey Bieber, Rihanna, Bella Hadid, dan Kendall Jenner saat mengenakan Adidas Samba

Adidas Samba dan budaya pop telah menjadi dua hal tak terpisahkan. Popularitasnya melintasi batas negara dan kultur, sehingga menjadi salah satu model sepatu terkenal di dunia. Tidak hanya populer di kalangan penggemar musik ska era 1980-an, Adidas Samba juga sering menjadi bagian dari event besar. Selama Winter Olympics 1988, misalnya, Samba menjadi pilihan banyak atlet. 

Sekarang ini, banyak selebriti dan tokoh terkenal memiliki sepatu ini sebagai bagian dari fashion mereka—mulai Kendall Jenner dan Bella Hadid hingga Perdana Menteri. Dengan kehadirannya di berbagai arena—dari lapangan hingga jalanan kota besar—Samba telah membuktikan bahwa sepatu ini merupakan bagian dari fenomena budaya.

Rekomendasi Adidas Samba untuk Sempurnakan Gayamu

Tertarik pakai Samba tapi bingung mulai dari mana? Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba!



1. Adidas Samba OG Black Gum

Seri OG Black Gum ini adalah salah satu yang paling populer. Warnanya yang sederhana dan klasik membuatmu tampak elegan dan sporty di waktu yang sama. Upper berbahan full-grain warna hitam berpadu dengan sol karet warna gum ini memberi kontras yang unik—menjadikan Adidas Samba dan street style tidak terpisahkan.

Adidas Samba dan street style

2. Adidas Samba OG Notitle Red Men

Sementara itu, Samba hadir dengan sentuhan yang lebih modern dengan warna merah bold. Keunikan yang mencolok ini membuat Samba OG Notitle Red cocok dipadukan dengan outfit santai, seperti kaos dan jeans.

Adidas Samba dan budaya pop

3. Adidas Samba OG Cloud White

Apabila kamu ingin terlihat klasik dan timeless tapi tidak suka warna gelap, maka Samba OG Cloud White adalah jawabannya. Menggunakan white leather premium, sepatu ini tampil karismatik dan klasik, namun tetap bersih. Makanya, kamu bisa memadukan dengan pakaian yang lebih resmi juga.

Evolusi sepatu Samba

4. Adidas Samba OG Silver Green Unisex

Sentuhan warna segar juga terasa di koleksi Samba yang satu ini, tanpa mengurangi versatility-nya. Aksen hijau perak yang mewah pada strip-tiga Adidas menjadi tampilan ikoniknya. Upper-nya sendiri menggunakan kulit warna cloud white yang bersih dan terlihat klasik. Samba OG Silver Green ini adalah pilihan tepat untuk kamu yang menyukai tampilan catchy dan vibran, tapi tidak mencolok.

Sejarah adidas samba

5. Adidas Samba OG Clay Strata Unisex

Samba OG Clay Strata ini merupakan bagian dari edisi terbaru yang menampilkan desain klasik dengan sentuhan modern. Upper dari suede dengan warna Clay Strata yang netral berpadu dengan tongue tag Bluebird, menampilkan kesan chic santai yang memukau. Selain itu, warna netralnya menjadikan Samba OG Clay Strata fleksibel untuk mix and match dengan berbagai jenis pakaian, mulai dari aktivitas harian hingga yang lebih rapi.

asal-usul Adidas Samba

Dengan menggabungkan asal-usul Adidas Samba yang kaya sejarah dengan estetika kontemporer, sneakers ini tidak hanya menyajikan gaya tetapi juga sejarah dan warisan dari Adidas Samba yang legendaris. Dapatkan Adidas Samba di voilà.id dan ikuti jejak para penggemar fesyen di seluruh dunia. Dengan sejarah yang panjang dan heritage yang kuat, sepatu ini tidak hanya menawarkan kenyamanan dan style, tapi juga kekayaan dari sejarah Adidas SambaKunjungi voilà.id sekarang dan pilih koleksi Samba yang cocok untuk aesthetic kamu!

Share this article