Berkantor pusat di Paris, Maison Margiela menghasilkan koleksi seni haute couture yang terinspirasi dan koleksi siap pakai, di mana yang pertama mempengaruhi desain yang terakhir. Produk-produknya meliputi pakaian wanita, pakaian pria, perhiasan mewah, sepatu, aksesori, barang kulit, objek, wewangian, dan barang-barang rumah.
Maison Margiela dikenal dengan desain dekonstruktif dan avant-garde dengan bahan yang tidak konvensional. Tradisionalnya, mereka menyelenggarakan pertunjukan langsung di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti stasiun metro kosong dan sudut-sudut jalan. Wajah model seringkali disamarkan oleh kain atau rambut panjang untuk memusatkan perhatian pada pakaian dan desain.
[2002] – Diakuisisi oleh OTB
Pada tahun 2002, Maison Martin Margiela diakuisisi oleh OTB Group, perusahaan induk yang dipimpin oleh Renzo Rosso, pemilik label mode Italia Diesel. Setelah akuisisi ini, Maison Martin Margiela terus berkembang, membuka toko-toko baru dan memperluas bisnisnya ke produk rumah tangga dan desain interior.
[2009] – Mundurnya Martin Margiela dari Jabatan Direktur Kreatif
Pada Oktober 2009, Martin Margiela mengundurkan diri sebagai direktur kreatif, dan meskipun tidak ada direktur kreatif tunggal yang menggantikannya, tim desain anonim terus mengembangkan label ini.
[2014] – Tim Desain Baru dan Koleksi