Brand History

Berdesain Playful dan Youthful, yuk Kenalan dengan Brand Miu Miu!

18 Jan 2024
Related Brands:

Pada bulan Oktober 2023 lalu, personil SNSD Yoona menghadiri Spring-Summer Show 2024 Miu Miu di Paris. Penggemarnya yang sebagian anak muda pun heboh melihat Yoona pada acara tersebut. Kalau kamu selalu update dunia fashion, pasti sudah cukup familiar dengan brand yang satu ini. Miu Miu sendiri adalah luxury designer brand asal Italia yang kini banyak menarik perhatian remaja putri. Desainnya yang playful dan eye-catching membuat produknya disukai oleh pencinta mode.

Yoona SNSD

Yoona SNSD menghadiri Miu Miu Show Paris 2023

Nah dalam artikel kali ini, voilà.id akan memperkenalkan brand Miu Miu, hubungannya dengan Prada, dan kenapa brand ini banyak disukai fashionista di seluruh dunia. Agar tidak penasaran lagi, yuk simak artikel di bawah ini sampai selesai!

Sejarah Singkat Miu Miu

Koleksi Miu Miu 1993

Koleksi Miu Miu 1993

Miu Miu adalah brand yang didirikan tahun 1992 oleh fashion designer terkenal asal Italia yaitu Miuccia Prada. Sebenarnya, nama Miu Miu ini diambil dari nama panggilan Miuccia Prada yaitu Miu Miu. Jika kamu bekerja atau pencinta fashion pasti sudah tahu siapa itu Miuchia Prada yang namanya tidak bisa lepas dari luxury house asal Italia, Prada. Sekarang mungkin kamu bertanya-tanya, apakah Miu Miu ada kaitannya dengan brand Prada?

Jawabannya adalah “Iya”, sebagian orang menganggap Miu Miu satu keluarga dengan Prada atau disebut sebagai adiknya Prada. Miu Miu lahir untuk menciptakan dan membangun lini clothing serta aksesori yang lebih berjiwa muda, playful, colorful, dan affordable dibandingkan produk Prada. Target konsumen Miu Miu juga tergolong masih muda, yaitu fashion enthusiast dengan rentang usia 20 – 30 tahun yang mencari style lebih provokatif, high-quality, dan tetap elegan.

Miuccia Prada, Pendiri Miu Miu

Miuccia Prada

Miuccia Prada

BACA JUGA :
10 Rekomendasi Tas Prada Ini Jadi Simbol Prestise di Dunia Fashion

Ketika berbicara tentang Miu Miu, rasanya mustahil mengabaikan nama wanita hebat di belakangnya, yaitu Miuccia Prada. Miuccia Prada adalah co-CEO Prada dan identitas dari Miu Miu itu sendiri. Miuccia Prada juga menjabat sebagai co-creative director Prada dan Miu Miu. Ia membangun bisnis keluarga, tidak hanya satu brand tetapi dua yaitu Miu Miu dan Prada ke tingkat internasional. Bahkan, Prada menjadi salah satu dari 10 luxury brand teratas yang banyak dibicarakan oleh pencinta mode di seluruh dunia. 

Black backpack yang dirancang oleh Miuccia Prada

Black backpack yang dirancang oleh Miuccia Prada

Miuccia Prada mulai aktif dalam bisnis keluarga dan mendesain sejak tahun 1985. Kreasi pertamanya adalah menciptakan black backpack Prada yang memiliki bobot ringan dan langsung meraih kesuksesan. Hingga kini, hasil karyanya tersebut pun masih menjadi salah satu favorit fashionista yang ingin tampil ringkas dan praktis saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Miuccia Prada dan suaminya Patrizio Bertelli

Miuccia Prada dan suaminya Patrizio Bertelli

BACA JUGA :
Brand Inovatif! Kenali 4 Material Unik dari Tas Prada

Miuccia Prada didorong oleh suaminya, Patrizio Bertelli, untuk memulai lini produknya sendiri, di bawah labelnya sendiri, dan ia melakukannya dengan baik. Koleksi Miu Miu pertama kali dikenal sebagai uniforms untuk mendapatkan atensi pencinta mode agar bisa dikenal luas. Meskipun Miu Miu menciptakan lini produk mewah, tetapi brand ini juga memiliki produk yang lebih terjangkau dibandingkan produk Prada sehingga dapat diakses oleh lebih banyak wanita. 

Perbedaan Prada dan Miu Miu

Produk Prada (kiri) dan Miu Miu (kanan)

Produk Prada (kiri) dan Miu Miu (kanan)

Setelah tahu brand Miu Miu, Prada, dan Miuccia Prada yang berada dibalik brand besar tersebut, lalu apa perbedaan mendasar antara Prada dan Miu Miu? Hal pertama yang perlu digaris bawahi, parent group Miu Miu adalah brand Prada. Sementara Prada sendiri adalah luxury fashion brand asal italia yang didirikan tahun 1913. Produk Prada cukup beragam, mulai dari leather bag, aksesori, ready-to-wear, wewangian, dan lainnya. Perusahaan ini berkembang dengan cepat berkat produknya yang berkualitas premium dan selera fashion yang bagus. 

Sedangkan Miu Miu, adiknya, didirikan tahun 1993 dan dalam waktu singkat berhasil melakukan inovasi di industri fashion yang sangat kompetitif. Dengan kreatifitasnya, pada tahun 1995 Miu Miu makin dikenal oleh pencinta fashion di seluruh dunia. Hal ini karena produk Miu Miu memiliki estetika yang clean dan dikombinasi dengan rona warna yang colorful. Dan kini, Miu Miu telah hadir di seluruh dunia dan banyak mendapat atensi dari remaja.

Logo Miu Miu

Logo Miu Miu

Logo Miu Miu 

Sekarang kita akan berbicara tentang brand Miu Miu dan identitas brand Miu Miu. Walaupun produk Miu Miu lebih affordable sehingga bisa dikoleksi oleh banyak orang, tetapi produknya tetap eksklusif. Ini tercermin dalam logonya. Miu Miu menggunakan logo hitam putih sederhana, tetapi cukup menarik perhatian dengan sedikit kesan yang playful dan girly. Desain seperti inilah yang Miuccia Prada coba ekspresikan dan ingin dicapai saat pertama kali mendirikan label miliknya sendiri, Miu Miu.

Evolusi Miu Miu Hingga Menjadi Brand Favorit Fashionista

Produk Miu Miu makin dikenal luas oleh pencinta mode

Produk Miu Miu makin dikenal luas oleh pencinta mode

Beberapa waktu yang lalu, Miuccia Prada pernah mengatakan bahwa mendesain adalah sebuah proses yang rumit. Ada beberapa ide dan detail untuk mengekspresikan dengan sempurna. Karena Prada adalah brand yang lebih premium, maka proses pembuatan produk, desain, dan waktu untuk menyelesaikannya relatif lebih lama. Ini berbeda dengan Miu Miu. Ide bisa datang secara spontan dan dapat segera direalisasikan di studio. Jadi, kalau ini berkaitan dengan proses produksi, produk Prada dianggap lebih rumit dibandingkan Miu Miu. 

Lalu, bagaimana desain Miu Miu? Sebenarnya, identitas Miu Miu merupakan perpaduan yang indah antara minimalis dan avant-garde. Miu Miu menyorot tentang desain yang sedikit memberontak karena salah satu tujuan diciptakannya Miu Miu adalah untuk mendefinisikan feminitas modern. Untuk mencapai tujuan tersebut, Miu Miu melakukan kampanye iklan dengan menampilkan anak muda, salah satunya dengan memperkenalkan Yoona SNSD sebagai brand ambassador Miu Miu. 

Produk Miu Miu juga menjadi favorit untuk street style bagi anak muda. Style dan motif yang ditampilkan dalam koleksi Miu Miu memainkan peran penting untuk menciptakan gebrakan baru pada konsumen potensial. Misalnya motif kucing yang digunakan oleh Miu Miu sukses menarik minat anak muda dan kini dikenal sebagai identification tag brand. Dan dengan berjalannya waktu, Miu Miu terus berkembang dengan memperluas lini produk. Setelah clothing line dan shoes, maka produk scent seperti parfum Miu Miu floral mulai menarik perhatian banyak orang.

Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu makin tahu tentang brand Miu Miu. Dengan menyandang nama besar Prada, Miuccia Prada, dan desain produk yang playful, ini membuat Miu Miu makin dicintai oleh pencinta fashion di seluruh dunia. Tidak hanya itu, rancangannya yang colorful dan berjiwa muda juga membuat produk Miu Miu makin disukai. Tertarik untuk mengoleksinya? Segera kunjungi website butik voilà.id untuk mendapatkan produk yang kamu suka!

Share this article